Tips Dasar Menata Pencahayaan Rumah

Jika kamu sedang berencana membangun rumah yang nyaman, rencakanlah penataan pencahayaan rumah sebaik-baiknya. Karena pencahayaan rumah yang pas merupakan salah satu elemen penting yang akan berpengaruh pada visualisasi desain ruangan beserta kenyamanan dan kesehatan penghuninya. Namun sayangnya elemen satu ini kerap kali diabaikan.

Pencahayaan seluruh ruangan dalam rumah harus direncanakan dan di desain sesuai kebutuhan ruangan tersebut. Terkadang suatu ruangan membutuhkan intensitas pencahayaan yang lebih banyak untuk menghindari kelembaban berlebih dan sebagainya.  

Nah, untuk mempersiapkan penataan pencahayaan rumah, berikut beberapa tips dasar untuk pencahayaan di setiap ruangan di rumah anda.

Mengenal Jenis Lampu

Sebelum masuk ke penjelasan lebih rinci, mari kita mengenal beberapa jenis lampu. Di pasaran atau toko perlengkapan rumah, kita akan menemui beberapa jenis lampu. Misalnya lampu pijar atau bohlam, lampu LED dan lampu Neon atau TL. Lampu pijar memiliki warna yang lebih hangat seperti kekuningan. Jenis lampu ini cocok dipasang di ruangan yang jarang dipakai seperti gudang. Lampu LED ini sering dipasang di ruangan yang sering dipakai untuk beraktivitas seperti ruang keluarga, ruang kerja dan sebagainya. lampu ini lebih hemat energy, awet dan nyaman digunakan. Selanjutnya lampu neon, lampu neon ini memiliki intensitas yang jauh lebih terang dari lampu pijar namun sedikit lebih redup dari lampu LED. Sehingga cocok dipasang di beberapa ruangan yang lumayan sering dipakai semisal kamar mandi atau di dekat aksesoris rumah seperti lukisan.

Mengenal Fungsi Lampu

Pada dasarnya pencahayaan ruangan dibagi menjadi tiga jenis fungsi sumber cahaya atau lampu. Dengan mengenal ketiga jenis fungsi ini, kamu bisa menyesuaikannya sesuai fungsi dan jenis ruangan kamu.

Pencahayaan Umum

Pencahayaan umum atau General Lighting merupakan pencahayaan yang paling banyak dan umum digunakan pada ruangan hunian. Pencahayaan ini umumnya dipasang tepat ditengah ruangan sehingga, pencahayaan di ruangan tersebut menyebar dengan baik.

Pencahayaan Tambahan

Pencahayaan tambahan atau task lighting adalah pencahayaan yang fungsinya meningkatkan atau menambah sumber cahaya di suatu ruangan untuk mendukung aktivitas di dalamnya. Misalnya, memasangkan task lighting ini di dalam laci untuk memberikan penerangan tambahan di dalamnya.

Pencahayaan Khusus / Accent Lighting

Pencahayaan khusus atau accent lighting sebenarnya hanya berfungsi sebagai hiasan saja. Sehingga jenis lampu ini diletakkan untuk menyorot barang koleksi atau memberikan expose lebih pada area tertentu di ruangan.

Menentukan intensitas cahaya di tiap ruangan

Penentuan intensitas cahaya oleh lampu dapat diketahui dengan mengukur lebar ruangan. Selain itu, jarak sumber cahaya dengan benda yang diterangi juga mempengaruhi seberapa besar jumlah cahaya yang diperlukan.

sesuaikan intensitas cahaya dengan kebutuhan dan banyaknya aktivitas yang penghuni rumah lakukan di ruangan tersebut. Semakin tinggi aktivitasnya maka semakin banyak jendela atau sumber masuknya cahaya yang dibutuhkan. Misalnya ruang keluarga maupun dapur. kedua ruangan tersebut adalah ruangan yang kemungkinan besar lebih banyak dipakai dari ruangan lainnya. Maksimalkanlah pemasangan jendela di ruangan tersebut.

Menentukan elemen warna interior dan lampu

Menentukan warna lampu yang disesuaikan dengan warna interior sangat penting dilakukan. Penentuan ini akan menciptakan harmoni warna yang membuat nyaman penghuninya. Pastikan kamu sudah menentukan beberapa mode pencahayaan yang telah disesuaikan dengan fungsi, kebutuhan dan warna cat maupun warna beberapa ornament pelengkap di ruangan tersebut.

Usahakan untuk memilih warna-warna terang untuk ruangan yang sering digunakan untuk beraktifitas, semisal abu-abu terang, putih, krem/kekuningan. Untuk ruangan seperti ini, kamu bisa memasang lampu terang seperti lampu putih besar. Sedangkan untuk ruangan yang lebih sedikit dipakai untuk beraktifitas kamu bisa memakai warna-warna earth tone seperti lampu berwarna kuning. contoh ruangan yang cocok menggunakan warna-warna redup adalah gudang ataupun lampu kecil tambahan di pojokan ruangan.

Maksimalkan sumber pencahayaan alami

Sesuai namanya, pencahayaan alami yang dimaksud adalah cahaya langsung dari alam. pencahayaan natural ini bisa anda dapatkan dari jendela rumah dan skylight di ruang tamu atau keluarga. Usahakan untuk memasang jendela yang dapat dibuka, tak hanya membiarkan sirkulasi udara masuk dan keluar ruangan menjadi lancar, namun juga memaksimalkan cahaya natural masuk ke ruangan anda sebanyak-banyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *