5 Kesalahan Umum Dalam Memilih Apartemen


Apartemen adalah salah satu properti yang banyak menjadi incaran kaum milenial. Tak hanya mudahnya jangkauan apartemen dengan tengah perkotaan, berbagai kemudahan dan harga yang sesuai dengan kantong inilah yang menjadi alasannya. Namun, dibalik itu semua, ada beberapa hal yang dapat membuat calon pembeli apartemen, khususnya pembeli pemula, malah merugi.

Untuk itu, yuk simak 5 kesalahan umum dalam memilih apartemen berikut ini agar kamu tak salah langkah:

tidak meneliti rekam jejak developer

Kepo dengan rekam jejak developer sepertinya hanya hal receh. Namun, hal ini wajib dilakukan. Jangan malas untuk memperlajari track record developer sebelum kamu membeli apartemen mereka. Karena nasib uang anda 100% ditentukan oleh para developer. Nyatanya tidak sedikit kasus bangunan apartemen yang tidak dilanjutkan dan akhirnya uang pun (kemungkinan besar) melayang.

Baca juga: Tips Dasar Menata Pencahayaan Rumah

Untuk meyakinkan bahwa kamu menginvestasikan tabungan membeli apartemen di tangan yang aman cobalah untuk rajin mencari rekam jejak developermu. Cari tahulah kredibilitas developer apartemen incaranmu di APERSSI (Asosiasi Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia). Dengan cara ini, setidaknya menjadi langkah awal menghindari developer bermasalah.

tidak meneliti dengan jeli sertifikat dan legalitas perusahaan

Selain kredibilitas developer, hal yang maha penting dilakukan adalah meneliti dengan sungguh-sungguh sertifikat dan legalitas perusahaan. Jangan sampai masuk ke perangkap perusahaan bodong, yah. Cari tahu informasi perusahaan yang bersangkutan dengan memeriksa HGB atau Hak Guna Bangunan yang sudah seharusnya dimiliki oleh developermu. Selain itu periksa juga surat izin prinsip, surat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, SIPPT atau Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah. Setelah itu, setelah adanya transaksi. Kamu akan dberi sertifikat oleh developer. yaitu Sertifikat SHSRS atau Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun.

Salah memilih lokasi

Umumnya apartemen memang dibangun ditengah kota atau keramaian. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk tetap melihat lokasi pembangunan apartemen yang hendak kamu beli. Jangan sampai nantinya menyesal karena ternyata apartemenmu terlalu jauh dengan tempat kerjamu atau susah menjangkau beberapa tempat yang secara konstan kamu kunjungi.

Hanya memilih harga, mengesampingkan kualitas

Harga properti. Scr: Pixabay

Harga adalah aspek vital sebelum kita membeli apapun, tak terkecuali tempat tinggal seperti apartemen. Pertimbangkan juga beberapa fasilitas pendukung dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jangan sampai mendapatkan apartemen yang berharga lebih murah dari ekspektasi namun jauh dari kantor, kampus, kurangnya fasilitas keamanan maupun kebersihan dan lain-lain.

Baca juga: Kriteria Rumah Impian Para Milenial

Untuk mengetahui dan mendapatkan harga apartemen dan kualitas terbaik menurut kebutuhan anda, perbanyaklah referensi. Dapatkan beberapa pilihan apartemen dan cobalah membandingkan harga dan value yang ditawarkan. Value tersebut meliputi harga, lokasi apartemen hingga fasilitas yang disediakan sesuai ekspektasi anda.

Jika kamu ingin tinggal di apartemen yang tenang, hindari apartemen yang berlokasi di dekat tempat-tempat hiburan seperti bar atau executive lounge. Perhatikan juga seberapa strategis lokasinya. Usahakan memilih apartemen yang berlokasi dekat dengan beberapa fasilitas umum seperti mini market, halte bus, rumah sakit dan sebagainya. Harga tentu sangat menentukan pemilihan apartemen, ya. sesuaikan dengan budget plan  dan value menurut kemampuan dan kebutuhanmu.

Kurang menimbang-nimbang over kredit

Hampir sama dengan poin sebelumnya, poin kelima masih berhubungan dengan budget. Perhitungkan dengan sungguh-sungguh budget yang perlu kamu siapkan untuk melunasi pembiayaan apartemen kamu. Jika tidak kamu hitung dengan benar, bisa-bisa kamu rentan terkena over kredit atau tidak mampu melakukan pembayaran atau pelunasan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *