Strategi Negosiasi Harga Properti

Membeli rumah membutuhkan persiapan yang matang, mulai dari edukasi mengenai properti dari A hingga Z, persiapan dana hingga model rumah yang diinginkan. Dan hal yang paling mendasar adalah mengedukasi diri untuk mengetahui segala hal mengenai properti, mulai mengetahui jenis properti apa yang akan di beli (rumah, apartemen, ruko, rumah kos, dsb.), perawatan, pengajuan KPR, banding harga, harga properti, tata cara pembelian hingga strategi menegosiasikan harga properti yang akan dibeli.

Strategi negosiasi harga properti sangat penting dilakukan jika anda hendak membeli. Dengan adanya negosiasi, anda akan mendapatkan harga rumah yang paling sesuai dengan dana dan kebuthan anda, dan yang paling penting adalah pemilik lahan atau properti merasa nyaman dengan penawaran anda.

Baca juga: Tahapan Pengajuan KPR agar Langsung di Setujui Bank

Prinsip Negosiasi

Sebelum masuk ke pembahasan detail mengenai strategi yang diperlukan, kenali dulu prinsip negosiasi yang baik, karena negosiasi sendiri dasarnya adalah komunikasi dua arah. Sebelum anda mematok harga untuk ditawar, pikirkan juga alasan mengapa anda mematok harga tersebut. Namun yang perlu diingat, anda harus mempertimbangkan bahwa harga yang anda tawarkan tidak terlalu merugikan salah satu pihak. Pahami juga sedikit background atau kebutuhan penjual hingga alasan mereka menjual properti miliknya. Dengan memepertimbangkan hal – hal tersebut, negosiasi anda akan lebih lancar dan kemungkinan besar harga yang anda tawar akan disetujui.

Melihat Pasar

Melihat dan memahami pasar perlu dilakukan sebelum mematok harga yang anda tetapkan untuk ditawarkan ke pemilik properti. Melihat pasar disini maksudnya adalah mencari tahu kisaran harga rata – rata di daerah dimana anda akan membeli properti, apakah lokasi yang anda pilih memudahkan anda, infrastruktur dan fasilitas publik apakah mumpuni dan sesuai dengan harga yang anda tawarkan? dan sebagainya.

Memakai Jasa Broker

broker properti. scr: PIxabay

Terkadang, menegosiasi harga sebuah properti tak harus anda lakukan sendiri. Anda bisa menggunakan jasa broker. Dengan menyerahkannya kepada seorang broker properti, anda bisa menghindari komunikasi secara langsung dengan calon penjual properti tersebut. Selain itu broker properti bisa diandalkan dalam hal ini karena mereka memiliki pengalaman seputar properti. Nah, agar broker properti membantu anda secara optimal, pastikan anda bersikap sopan dan professional dalam menyampaikan harga yang ingin anda tawarkan ke pemilik properti dan alasannya.

Baca juga: Rumah atau Apartemen, Mana Pilihanmu

Menciptakan Win Win Solution

Win win solution sangat membuat nyaman ketika negosiasi, negosiasi dalam hal apapun termasuk tentang properti. Karena solusi win win atau sama – sama menang membuat pembeli dan penjual mencapai kesepakatan dan tidak ada yang dirugikan.

Studi Kasus:

Baca juga: Tips Dasar Menata Pencahayaan Rumah

Anda ingin membeli sebuah rumah di suatu perumahan. Harga yang ditawarkan pemilik adalah 2 Milyar. Lalu anda menawar 1,4 Milyar. Namun pemilik memberi harga 1,7 M. Karena angka tersebut sedikit lebih dari budget, anda bisa menciptakan kondisi win win. Misalnya anda bilang anda menyanggupi harga tersebut, namun anda minta tempo pembayaran yang lebih lama dari kesepakatan. Dengan demikian pemilik properti tetap mendapatkan harga sesuai yang diinginkan, anda bisa membayar rumah tersebut dalam tempo yang sesuai dengan kesanggupan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *